Kamis, 02 Februari 2012

Menemukan Gagasan pada Artikel

Menemukan Gagasan pada Artikel
Membaca Ekstensif
Ketika kamu membaca artikel atau buku, pastilah kamu bermaksud menemukan informasi atau isi dari artikel atau buku tersebut. Oleh karena itu, semua bagian dalam artikel atau buku harus kamu baca. Akhirnya, kamu dapat membedakan informasi yang dianggap penting dan tidak penting. Cara membaca yang demikian disebut membaca ekstensif.
Sebagai latihan, baca artikel dari majalah dan buku berikut ini!
Pola Asuh Efektif, Pola Asuh Penuh Cinta
Pola asuh sangat menentukan pertumbuhan anak, jadi hati-hati dalam menerapkannya. Apa, sih, pola asuh itu? Teorinya, menurut Theresia Indira Shanti, S.Psi.,M.Si., pola asuh merupakan pola interaksi antara orang tua dan anak. Lebih jelasnya, yaitu bagaimana sikap atau perilaku orang tua saat berinteraksi dengan anak. Termasuk caranya menerapkan aturan, mengajarkan nilai/norma, memberikan perhatian dan kasih sayang serta menunjukkan sikap dan perilaku yang baik sehingga dijadikan contoh/panutan bagi anaknya.
Sayangnya pola asuh yang diterapkan orang tua tak selamanya efektif. Malah terkadang dampaknya bagi si kecil bukannya baik tapi buruk. Pola asuh yang terlalu protektif atau memanjakan anak tentu menyebabkan anak menjadi tidak kreatif atau jadi selalu tergantung pada orang lain. Makanya perlu berhati-hati menerapkan pola asuh. Perlu diingat pula pola asuh sangat menentukan pertumbuhan anak, baik dalam potensi sosial, psikomotorik, dan kemampuan afektifnya.
Syarat Pola Asuh Efektif
Jadi bagaimana pola asuh yang efektif itu? Menurut Shanti, pola asuh yang efektif bisa dilihat dari hasilnya. “Anak jadi paham kenapa harus begini atau begitu. Kenapa tak boleh iniitu. Kelak, anak akan mampu memahami aturan-aturan di masyarakat secara lebih luas lagi. Misalnya, kalau ketemu orang harus menyapa atau bersalaman, ” ujar psikolog dari Unika Atmajaya, Jakarta ini. Nah, syarat paling utama pola asuh yang efektif adalah landasan cinta dan kasih sayang. Tapi bagaimana bentuknya? Berikut hal-hal yang bisa dilakukan orang tua demi menuju pola asuh efektif.
1. Pola asuh harus dinamis
Kenapa? Karena pola asuh harus sejalan dengan meningkatnya pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebagai contoh, penerapan pola asuh untuk anak balita tentu berbeda dari pola asuh untuk anak usia sekolah. Pasalnya, kemampuan berpikir  balita kan masih sederhana, jadi pola asuh harus disertai komunikasi yang tidak bertele-tele dengan bahasa yang mudah dimengerti. Contohnya: “Adek enggak boleh memukul Eki, karena kalau dipukul itu sakit!”
2. Pola asuh harus sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak
Ini perlu dilakukan karena setiap anak memiliki minat dan bakat yang berbeda. Shanti memperkirakan saat usia satu tahun, potensi anak sudah mulai dapat terlihat. Umpamanya, kala si kecil mendengarkan alunan musik, dia tampak lebih tertarik ketimbang anak seusianya. Bisa jadi, ia memang memiliki potensi kecerdasan musikal. Nah, kalau orang tua sudah memiliki gambaran potensi anak, maka ia perlu diarahkan dan difasilitasi.
3. Ayah-ibu mesti kompak
Ayah dan ibu sebaiknya menerapkan pola asuh yang sama. Dalam hal ini, kedua orang tua sebaiknya “berkompromi” dalam menetapkan nilai-nilai yang boleh dan tidak. Jangan sampai orang tua saling berseberangan karena hanya akan membuat anak bingung.
4. Pola asuh mesti disertai perilaku positif dari orang tua
Penerapan pola asuh juga membutuhkan sikap-sikap positif dari orang tua sehingga bisa dijadikan contoh/panutan bagi anaknya. Tanamkan nilai-nilai kebaikan dengan disertai penjelasan yang mudah dipahami. Kelak diharapkan anak bisa menjadi manusia yang memiliki aturan dan norma yang baik, berbakti dan menjadi panutan bagi temannya dan orang lain.
5. Komunikasi efektif
Bisa dikatakan komunikasi efektif merupakan sub-bagian dari pola asuh efektif. Syarat untuk berkomunikasi efektif sederhana kok, yaitu luangkan waktu untuk berbincang-bincang dengan anak. Jadilah pendengar yang baik dan jangan meremehkan pendapat anak.
6. Disiplin
Penerapan disiplin juga menjadi bagian pola asuh. Mulailah dari hal-hal kecil dan sederhana. Misalnya, membereskan kamar sebelum berangkat sekolah atau menyimpan sesuatu pada tempatnya dengan rapi. Lantaran itu, anak pun perlu diajarkan membuat jadwal harian sehingga bisa lebih teratur dan efektif mengelola kegiatannya.
Sumber: Hilman Hilmansyah. Ferdi/Tabloid Nakita, Januari 2008
Kerjakan latihan berikut!
1. Dari teks yang kamu baca, coba cari gagasan pokok tiap paragrafnya!
2. Kemudian dari gagasan pokok tersebut tulis informasi yang terdapat dalam artikel tersebut!
3. Susun informasimu menjadi bentuk artikel yang baik dengan menggunakan bahasa dan kalimat yang jelas!
4. Bacakan di depan kelas untuk dinilai kawan-kawan yang lain!


Teknik Menjawab Soal Bahasa Indonesia

Teknik Menjawab Soal Bahasa Indonesia


    Menentukan Letak Kalimat Utama
o    Temukan kata hubung tunjuk (……ini, ….itu, hal ini, hal itu, tersebut, di atas dll) pada kalimat kedua. Jika ada, hampir dapat dipastikan letak kalimat utama adalah pada kalimat pertama.
o    Kalimat kedua adalah kalimat penjelas yang menjelaskan dari segi apapun sesuatu yang terdapat pada kalimat utama ( di awal / di akhir ).
o    Temukan di mana letak apa/siapa yang dijelaskan tersebut ( Kalimat pertama atau kalimat terakhir ). Kalimat yang dijelaskan tersebut adalah kalimat utamanya.
•    Menentukan Gagasan Utama
o    Apa/siapa yang digantikan oleh kata tunjuk yang terdapat pada kalimat kedua tersebut
adalah kata kunci bunyi gagasan utamanya
o    Apa/siapa yang dijelaskan oleh kalimat penjelas adalah kata kunci gagasan utamanya
•    Kalimat Kritikan
o    Biasanya kalimat kritikan berbentuk kalimat perintah/larangan yang ditandai dengan adanya kata ( harus, seharusnya, sebaiknya, diharapkan, sewajarnya, jangan, sepantasnya dll ).
o    Lakukan eliminasi terhadap pilihan jawaban yang tidak berbentuk kalimat perintah/larangan karena kemungkinan besar bukan kalimat kritikan.
o    Perhatikan soal, siapa/pihak mana yang harus dikritik
o    Cari dalam bacaan ( pikiran, ucapan, atau perbuatan ) tidak baik yang dilakukan oleh pihak dalam soal sehingga perlu diberi kritikan
o    Bunyi kalimat kritikan harus sesuai dengan pikiran, ucapan, atau perbuatan tidak baik tersebut.
•    Menentukan Perbedaan Penyajian Dua Teks Berita
o    Perhatikan kata-kata pertama pada teks 1
o    Kuasai lebih dahulu fungsi kata tanya siapa, apa, kapan, berapa, di mana, mengapa, dan bagaimana
o    Tentukan kata tanya yang sesuai jika kata-kata pertama pada teks 1 tersebut sebagai jawabannya. ( kata tanya tersebut adalah unsur pertama teks 1 )
o    Perhatikan pola pilihan jawaban a,b,c, dan d . Berdasarkan unsur pertama teks 1 di atas, lakukan eliminasi terhadap pilihan jawaban yang pasti salah.
o    Selanjutnya tentukan kata tanya yang sesuai jika kata-kata pertama pada teks 2 tersebut sebagai jawabannya. ( kata tanya tersebut adalah unsur pertama teks 2 )
o    Berdasarkan unsur pertama teks 2 di atas, lakukan eliminasi terhadap pilihan jawaban yang pasti salah.
o    Satu unsur berita dapat berbentuk satu kata atau lebih. Satu kalimat dapat memiliki satu unsur dapat juga lebih tergantung jenis kalimatnya
o    Untuk mengetahui letak unsur kedua atau ketiga atau unsur selanjutnya, buatlah kalimat tanya dengan kata tanya yang sesuai dengan unsur pertama teks tadi dengan menggunakan sisa-sisa kalimat yang tidak menjadi jawaban. Kata-kata setelah kata-kata jawaban adalah unsur keduanya. Begitu selanjutnya.
•    Kesamaan Informasi Beberapa Teks
o    Jika ada, perhatikan kata-kata berupa nama, angka, atau istilah yang terdapat dalam pilihan jawaban a,b,c, dan d sebagai pedoman untuk mencari informasi dalam teks
o    Pilihan jawaban benar jika informasi tersebut termuat baik pada teks 1 maupun teks 2
o    Jangan menentukan jawaban lebih dahulu jika belum berhasil menggaris bawahi kata-kata kunci pada teks 1 dan 2 yang berupa kata-kata yang bunyinya atau maknanya sama
•    Menentukan Isi Teks.
o    Isi teks yang terdiri atas satu paragraf dapat ditemukan pada kalimat utamanya.
o    Isi teks juga dapat berupa gabungan antara kalimat utama dengan salah satu kalimat penjelas.
o    Isi teks yang terdiri atas dua paragraf atau lebih dapat ditemukan pada pilihan jawaban yang memuat gabungan kalimat utamanya
o    Isi teks dapat ditentukan dengan menjawab pertanyaan “apa/siapa yang bagaimana”
•    Menentukan larik bermajas
o    Kuasai lebih dahulu pengertian majas personifikasi, perumpamaan, metafora, klimak, metonimi, ironi, dan paradoks
o    Biasanya majas yang paling sering digunakan penyair adalah personifikasi ( mengorangkan benda ) yang dapat dirumuskan = KK/KS manusia + KB atau KB + KK/KS manusia.
o    Tandai kata-kata dalam pilihan jawaban yang susunan kata-katanya terdiri atas kata benda yang diikuti atau didahului, kata kerja/kata sifat yang mana kerja/sifat tersebut hanya biasa dijalankan/dimiliki manusia. Jika ditemukan pilihan jawaban itu memuat majas personifikasi
•    Kalimat Pendapat
Kuasai lebih dahulu ciri-ciri kalimat pendapat berikut.
•    Berbentuk kalimat saran/perintah/anjuran yang ditandai adanya kata ( sebaiknya, sepantasnya, seharusnya, sewajarnya dll )
•    Mengandung informasi yang belum pasti yang ditandai dengan adanya kata ( mungkin, kira-kira, diduga, diperkirakan, disangka dll )
•    Mengandung informasi tentang sesuatu yang belum terjadi yang ditandai dengan adanya kata ( jika, kalau, bila, andai, andai kata dll )
•    Terdapat kata sifat atau kata yang dapat ditandai seperti kata sifat ( sangat + ……..)
•    Tandai kata-kata kunci di atas pada bacaan untuk menentukan pilihan jawaban yang benar
•    Menentukan Fakta
Kalimat yang tidak memuat kata-kata kunci kalimat pendapat, kemungkinan besar kalimat fakta
•    Menentukan Kesimpulan/ Gagasan Utama Tajuk
o    Kesimpulan ( simpul/tali/ikat ) adalah satu kalimat yang dapat mewakili seluruh kalimat yang terdapat pada bacaan.
o    Tentukan apa/siapa + bagaimana yang dibahas dalam tajuk.
o    Siapa/apa + bagaimana tersebut adalah gagasan tajuk tersebut, atau
o    Cari pilihan jawaban yang memuat kalimat yang isinya sama dengan isi kalimat utama atau gabungan kalimat utama dengan kalimat penjelas, atau
o    Cari pilihan jawaban yang isinya dapat mewakili isi seluruh bacaan
•    Menentukan Opini Yang berlawanan
o    Cari pada pilihan jawaban yang isinya berlawanan/berkebalikan dengan apa yang tertulis pada bacaan
o    Tandai kata atau gabungan kata pada pilihan dan bacaan sebagai bukti bahwa kedua pernyataan itu bertentangan
•    Menentukan keberpihakan Penulis
o    Keberpihakan diujudkan dalam bentuk kalimat yang berisi sanjungan, pujian, persetujuan, ungkapan belas kasihan, atau keprihatinan
o    Cari dalam bacaan kalimat yang berisi hal –hal tersebut. Pihak yang dikomentari positif itulah yang diberpihaki
•    Menentukan Pertanyaan Sesuai Tabel
o    Membaca tabel dilakukan dengan melihat informasi yang terdapat pada pertemuan antara baris dan kolom
o    Informasi yang terdapat dalam tabel, biasanya berupa angka, waktu, dan benda/orang
o    Kata tanya yang sesuai dengan isi informasi tersebut adalah berapa, kapan, dan apa/siapa
o    Curigai pilihan jawaban yang menggunakan kata tanya tersebut sebagai pilihan jawaban benar
o    Pertanyaan yang sesuai adalah pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan pada tabel.
o    Tandai informasi di tabel yang menjadi jawaban dari pertanyaan yang sesuai
•    Menentukan kesimpulan Isi Tabel
o    Pahami arti/maksud kata-kata berikut: naik, turun, sama, rata-rata, seimbang, naik tajam,meroket, turun drastis
o    Cocokkan satu persatu pilihan jawaban dengan isi tabel
o    Tandai informasi di tabel yang menjadi jawaban dari pernyataan yang sesuai
•    Menentukan Pertanyaan Sesuai Grafik
o    Membaca grafik dilakukan dengan melihat informasi yang terdapat pada pertemuan antara garis vertikal dan garis horisontal
o    Informasi yang terdapat dalam grafik, biasanya berupa angka, waktu, dan benda/orang
o    Kata tanya yang sesuai dengan isi informasi tersebut adalah berapa, kapan, dan apa/siapa
o    Curigai pilihan jawaban yang menggunakan kata tanya tersebut sebagai pilihan jawaban benar
o    Pertanyaan yang sesuai adalah pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan pada grafik.
o    Tandai informasi di grafik yang menjadi jawaban dari pertanyaan yang sesuai
•    Menentukan kesimpulan Isi Grafik
o    Pahami arti/maksud kata-kata berikut: naik, turun, sama, rata-rata, seimbang, naik tajam,meroket, turun drastis
o    Cocokkan satu persatu pilihan jawaban dengan isi tabel
o    Tandai informasi di tabel yang menjadi jawaban dari pernyataan yang sesuai
•    Menentukan Citraan
o    Citraan adalah gambaran lewat kata-kata. Citraan penglihatan berkaitan dengan sesuatu yang dilihat, pendengaran dengan suara-suara, penciuman dengan bau, perasaan dengan apa-apa yang biasa dirasakan hati, perabaan berkaitan dengan apa yang dirasakan kulit, gerak berkaitan dengan sesuatu yang sedang bergerak, pencecapan berkaitan dengan apa yang dirasakan lidah.
o    Perhatikan, kata-kata yang terdapat pada larik-larik puisi tersebut berhubungan dengan sesuatu yang berkaitan dengan panca indra yang mana? Itulah citraannya
o    Jika terdapat lebih dari satu citraan, pilih yang lebih sering muncul
•    Menentukan Isi Puisi
o    Pahami, isi puisi biasanya tidak tertulis dengan jelas pada larik-larik puisi tersebut
o    Isi puisi berupa jawaban dari pertanyaan : apa/siapa yang bagaimana yang diceritakan dalam puisi tersebut.
o    Isi puisi berupa kesimpulan dari seluruh larik-larik puisi, bukan salah satu larik saja
o    Biasanya pilihan jawaban yang berisi kata-kata yang diambil dari larik puisi, bukan pilihan jawaban benar
•    Membaca Denah
o    Pahami lebih dahulu arah mata angin. Pada denah bagian atas gambar menandakan arah Utara, bawah Selatan, bagian tangan sebelah kanan menandakan arah Timur dan tangan kiri menandakan arah Barat.
o    Pahami maksud kata-kata berikut: sejajar, berhadapan, berseberangan, berdampingan, mengapit, dekat, jauh atau kata lain yang menunjukan posisi dua benda
•    Menentukan Rima
o    Rima adalah persanjakan atau persamaan bunyi
o    Rima sama jika larik 1,2,3,4 pada akhir larik sama bunyi ( aaaa )
o    Rima kembar, jika bunyi akhir larik pertama kedua sama dan larik ketiga keempat juga sama tapi berbeda bunyi dengan larik 1 dan 2 ( aabb )
o    Rima silang jika bunyi akhir larik 1 dan 3 sama dan larik 2 dan 4 sama tapi berbeda bunyi dengan larik 1 dan 3 ( abab )
o    Rima bebas jika larik 1,2,3, 4 pada akhir larik berbeda bunyi ( a,b,c,d )
•    Menentukan Pesan/Amanat Cerpen/Novel/Drama
o    Cari hal positif ( lakukan ) atau negatif ( jangan meniru ) yang dilakukan oleh tokoh dalam bacaan
o    Nasihat/pesan/amanat berkaitan dengan hal tersebut.
o    Kalimat amanat biasanya berbentuk kalimat perintah.
•    Menentukan latar tempat, waktu, atau suasana dalam cerpen/novel/puisi
o    Pahami bahwa nama tempat, nama waktu, atau nama suasana dalam cerpen/novel/puisi biasanya tidak tertulis secara tersurat, tetapi hanya berupa kata-kata yang merupakan ciri-ciri tempat, waktu, suasana yang dimaksud ( tersirat )
o    Pahami tokoh/sesuatu yang terdapat dalam bacaan
o    Tentukan apa yang sedang dilakukan tokoh/sesuatu tersebut dalam satu kata kerja ( Ani sedang makan, Budi minum, Siti merenung dll )
o    Nama tempat yang digunakan si tokoh/sesuatu dalam melakukan sesuatu adalah latar tempatnya
o    Nama waktu ketika si tokoh/esuatu melakukan sesuatu adalah latar waktunya
o    Situasi/ suasana/perasaan si tokoh/sesuatu saat melakukan sesuatu adalah latar suasananya.
•    Menentukan Jenis Konflik
o    Konflik adalah masalah yang sedang dihadapi tokoh cerita.
o    Jenis konflik yaitu
    fisik/badan/raga/badan,
    konflik psikis/batin/jiwa/rokhani,
    konflik ide/pendapat.
o    Tentukan apa yang sedang dilakukan tokoh cerita. Jika berkelai atau ada kontak fisik dengan tokoh lain ( konflik fiSik), merenung, bersedih karena sedang memiliki suatu masalah ( konflik batin), beradu pendapat, diskusi/berdebat ( konflik ide )
•    Menentukan Konflik dalam cerita
o    Tentukan peristiwa apa yang menyebabkan si tokoh cerita berkelai, bersedih, merenung, atau berdebat. Peristiwa itulah konfliknya.
o    Perhatikan pola pilihan jawaban, lalu cocokkan dengan isi pada pilihan jawaban dengan isi pada bacaann.
o    Pilihan jawaban yang isinya sesuai dengan apa yang tertulis dalam bacaan itulah pilihan jawaban yang benar.
•    Menentukan Nilai Moral Cerita
o    Nilai moral adalah nilai yang berhubungan dengan perbuatan baik dan buruk.
o    Nilai moral biasanya diwujudkan dalam kalimat pesan.
o    Cari ucapan/ perbuatan/ pikiran yang bersifat negatif dari tokoh cerita.
o    Bunyi nilai moral berkaitan dengan hal tersebut
•    Menentukan Watak Pelaku Cerita
o    Pahami lebih dahulu pengertian contoh-contoh watak/karakter berikut: bengis, bijaksana, pengertian, perhatian, pengecut, penyabar, cerdik, licik,soleh, relijius, patuh dll
o    Pahami lebih dahulu bahwa watak pelaku cerpen/novel/drama biasanya tidak tertulis secara gamblang, tetapi hanya berupa kata-kata/perbuatan yang merupakan ciri-ciri sebuah watak.
o    Watak tokoh dapat dilihat lewat apa yang dikatakan/lakukan/pikirkan tokoh tersebut , apa yang dituliskan pengarang, ciri pisik si tokoh, dan disebutkan tokoh lain
o    Pahami siapa tokoh yang harus ditentukan wataknya
o    Perhatikan pola pilihan jawaban, lalu secara berurutan cari bukti yang berupa perkataan /perbuatan/penjelasan pengarang/ucapan tokoh lain yang sesuai dengan watak tersebut
•    Menentukan Tulisan Buku Harian/Pengalaman pribadi
o    Pahami, bahwa pelaku dalam buku harian/ pengalaman adalah “aku/saya”
o    Bagian yang tertulis dalam buku harian biasanya waktu, tempat, peristiwa yang disertai ekspresi perasaan si pelaku saat mengalami peristiwa itu.
o    Perhatikan pola pada pilihan jawaban lalu temukan perbedaan tiap bagian pada keempat pilihan jawaban tersebut. Mulai dari pelaku ( aku/saya), waktu, tempat, peristiwa lalu ekspresi perasaan.
o    Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai dengan ilustrasi.
o    Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi sampai ditemukan pilihan jawaban yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi
•    Menulis Memo Sesuai Ilustrasi
o    Pahami hal-hal berikut pada ilustrasi: pengirim memo, yang dikirimi memo, hubungan antara penulis memo dan yang dikirimi, dan isi perintahnya.
o    Pengecoh soal jenis ini terletak pada ketidaksesuaian antara pilihan jawaban dengan isi ilustrasi yang berkaitan dengan pengirim memo, yang dikirimi memo, dan isi perintah.
o    Perhatikan pola pada pilihan jawaban lalu temukan perbedaan tiap bagian pada keempat pilihan jawaban tersebut.
o    Mulailah dari perbedaan kata perintah yang digunakan ( kata perintah yang benar adalah yang sesuai dengan hubungan antara pengirim dan yang dirimi memo) .
o    Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai dengan ilustrasi.
o    Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain ( isi ) tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan pilihan jawaban yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi
•    Menyusun laporan Sistematis
o    Laporan yang sistematis adalah laporan yang disusun sesuai dengan urutan waktu kejadian
o    Jika pada salah satu kalimat terdapat atau dimulai dengan kata hubung, cari kalimat sebelum kalimat tersebut.
o    Lihat pada pilihan jawaban yang sesuai dengan urutan kedua kalimat tersebut.
o    Lakukan eliminasi terhadap pilihan jawaban yang urutannya nomornya tidak sesuai dengan urutan nomor dua kalimat tersebut.
•    Menyusun laporan Sesuai Ilustrasi
o    Pada ilustrasi, temukan kalimat yang memuat tujuan diadakannya kegiatan tersebut
o    Bunyi laporan sesuaikan dengan tujuannnya
•    Menulis Pembuka Surat Pribadi
o    Pembuka surat pribadi biasanya berisi salam, sapaan, menanyakan kabar si penerima surat, dan mengabarkan keadaan si pengirim surat.
o    Kata sapaan dan salam harus sesuai kedudukan antara pengirim dan penerima surat
o    Perhatikan pola pilihan jawaban lalu temukan perbedaan keempat pembuka surat tersebut
o    Begitu menemukan satu perbedaan, sesuaikan dengan urutan bagian pembuka surat pribadi tersebut
o    Pilihan jawaban yang isinya tidak sesuai dengan bagian-bagian pembuka surat pribadi di atas, kemungkinan kata-kata/kalimat yang seharusnya ditulis pada bagian isi.
•    Menulis Penutup Surat Pribadi
o    Penutup surat pribadi biasanya berupa penekanan apa yang tertulis dalam isi atau berupa pesan
o    Jika ada, temukan pada soal gambaran isi penutup surat tersebut.
o    Perhatikan pola pada pilihan jawaban lalu temukan perbedaan isi penutup surat tersebut pada keempat pilihan jawaban tersebut.
o    Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang isinya tidak sesuai dengan ilustrasi.
•    Menulis Isi Surat Undangan
o    Isi surat undangan biasanya berisi hari/tanggal, waktu, tempat, dan acara/kegiatan
o    Sapaan menggunakan hurup besar dan menyesuaikan kedudukan antara si pengundang dan yang diundang.
o    Pengecoh soal jenis ini terletak pada ketidaksesuaian antara pilihan jawaban dengan isi ilustrasi yang berkaitan dengan sapaan, hari/tanggal, waktu, dan nama acara
o    Perhatikan pola pada pilihan jawaban lalu temukan perbedaan tiap bagian pada keempat pilihan jawaban tersebut.
o    Mulailah dari perbedaan kata kata sapaan yang digunakan ( kata sapaan yang benar adalah yang sesuai dengan hubungan antara pengirim dan yang dikirimi undangan) .
o    Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai dengan ilustrasi.
o    Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain (hari/tanggal, waktu, dan nama acara ) tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan pilihan jawaban yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi
•    Menulis Penutup Surat resmi
o    Jenis surat resmi adalah pemberitahuan, undangan, dan permohonan.
o    Sesuaikan kalimat penutup dengan jenis suratnya.
o    Syarat penutup surat resmi adalah, jangan menggunakan kata ganti milik atau klitika “nya”, tetapi gunakan kata sapan Bapak, Ibu, Anda, Saudara, Adik, dll
o    Gunakan kata kerja aktif ( mengucapkan, kami ucapkan), jangan pasif ( diucapkan )
o    Ungkapan jangan berlebih-lebihan ( sangat terima kasih, kami haturkan, banyak-banyak terimakasih )
•    Menulis Rangkuman
o    Jika bacaan terdiri atas satu paragraf, rangkuman berupa kalimat utamanya atau kalimat utama dan salah-satu kalimat penjelas.
o    Jika bacaan teridiri atas lebih dari satu paragraf, rangkuman berupa gabungan kalimat utama tiap paragraf.
o    Perhatikan kata-kata/kalimat pertama masing-masing pilihan jawaban
o    Curigai pilihan jawaban yang kalimat pertamanya diambil dari kalimat utama paragraf pertama sebagai pilihan jawaban benar.
o    Jika ada dua atau tiga pilihan jawaban yang kalimat pertamanya diambil dari kalimat utama paragraf pertama, lakukan perbandingan pada kalimat selanjutnya
•    Menulis Slogan
o    Slogan mempunyai ciri: kalimatnya pendek, berisi semboyan, tidak berbentuk kalimat perintah
o    Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang tidak sesuai cirri tersebut.
o    Perhatikan dengan seksama tujuan pembuatan slogan yang terdapat pada ilustrasi
o    Bunyi slogan diambil dari “kata-kata’ yang terdapat pada tujuan tersebut
•    Menulis Poster
o    Poster mempunyai ciri: kalimatnya agak panjang, berisi ajakan, berbentuk kalimat perintah
o    Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang tidak sesuai cirri tersebut..
o    Perhatikan dengan seksama tujuan pembuatan poster yang terdapat pada ilustrasi
o    Bunyi poster diambil dari “kata-kata’ yang terdapat pada tujuan tersebut
•    Menulis Iklan Baris
o    Syarat iklan baris adalah singkat (kata-katanya sedikit), padat (kata-kata tertentu disingkat), dan jelas ( pembaca iklan dapat memahama isi iklan tersebut)
o    Iklan baris biasanya terdiri atas 4 bagian dengan urutan berikut, yaitu 1. pernyataan menjual/membeli, 2. nama barang/jasa, 3. keterangan barang/jasa ( termasuk harga jika ada ), dan 4. alamat pemasang iklan.
o    Temukan perbedaan tiap bagian pada keempat pilihan jawaban tersebut
o    Mulailah dari perbedaan bagian 1 ( pernyataan menjual/membeli ) .
o    Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai dengan ilustrasi.
o    Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain (nama barang, keterangan, dan alamat tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan pilihan jawaban yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi
o    Jika ada dua pilihan yang cirinya sama, pilih yang lebih singkat
•    Menulis Pembukaan Pidato
o    Pahami dalam ilustrasi hal-hal berikut : yang berpidato, yang mendengarkan pidato, dan nama acara/ tujuan pidato.
o    Pahami bahwa pembukaan pidato berisi salam/sapaan, dan ucapan syukur kepada Tuhan YME, dan penyebutan nama acara/kegiatan/tujuan
o    Temukan perbedaan tiap bagian pada keempat pilihan jawaban tersebut
o    Mulailah dari perbedaan pertama ( salam/sapaan ) .
o    Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai dengan ilustrasi.
o    Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain (ucapan syukur dan penyebutan nama acara/ kegiatan ) tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan pilihan jawaban yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi.
•    Menulis Rumusan Masalah Karya Ilmiah
o    Rumusan masalah berisi gambaran masalah yang akan dibahas
o    Pahami bahwa Rumusan masalah berupa pertanyaan yang berkaitan dengan judul/tema karya tulis atau Latar Belakang Masalah
o    Pahami bahwa rumusan masalah berbentuk pertanyaan dengan kata tanya yang sering digunakan adalah “apa/apa saja”dan “bagaimana”
o    Curigai pilihan jawaban yang menggunakan kata tanya tersebut sebagai pilihan jawaban benar.
o    Jika rumusan masalah ditentukan berdasarkan tema/judul, tentukan apakah akan membahas jenis/rincian ataukan cara/penjelasan
o    Jika yang akan dibahas adalah jenis/rincian kata tanya pada rumusan masalah yang sesuai adalah “apa/apa saja”
o    Jika yang akan dibahas adalah cara/penjelasan, kata tanya pada rumusan masalah yang sesuai adalah “bagaimana”
o    Jika rumusan masalah ditentukan berdasarkan Latar Belakang Masalah, tentukan apakah Latar Belakang Masalah tersebut membahas jenis/rincian ataukan cara/penjelasan. Kata Tanya pada rumusan masalah yang dipakai sama dengan di atas.
•    Menentukan Latar Belakang Masalah Berdasarkan Identifikasi Masalah
o    Identifikasi masalah dapat berupa pertanyaan atau pernyataan
o    Cari pilihan jawaban yang isinya menjawab/menjelaskan pertanyaan atau pernyataan yang terdapat pada Identifikasi Masalah
o    Perhatikan kalimat pertama pada tiap-tiap pilihan jawaban
o    Curigai kalimat pada pilihan jawaban yang isinya menjawab/menjelaskan apa yang terdapat pada identifikasi masalah urutan pertama sebagai pilihan jawaban benar.
o    Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi.
o    Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang kalimat pertamanya tidak menjawab/ menjelaskan apa yang menjadi pertanyaan/pernyataan pada identifikasi masalah pertama.
o    Lakukan hal yang sama terhadap kalimat berikutnya tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan paragraf yang isinya menjawab atau menjelaskan semua yang tertulis pada identifikasi masalah
•    Menentukan Balasan Pantun
o    Pahami bahwa pantun adalah puisi lama dengan ciri berikut:
    jumlah larik dalam satu bait empat,
    berima/bersajak a,a,a,a/a,b,a,b,
    Larik 1 dan 2 isi, larik 3 dan 4 sampiran
o    Pantun biasanya berisi nasehat, permintaan, atau pertanyaan yang dituangkan dalam 2 larik ( biasanya 8 kata )
o    Perhatikan larik 3 dan 4 pada ilustrasi untuk menemukan pertanyaan atau pernyataan pantun tersebut
o    Cari pada larik 3 dan 4 pada pilihan jawaban yang merupakan jawaban dari pertanyaan/pernyataan tersebut.
o    Jika ada dua pilihan yang sesuai dengan pertanyaan/penjelasan pantun ilustrasi, kemungkinan salah satu rima dari pilihan jawaban yang tersisa bukan a,b,a,b atau puisi tersebut tidak berjenis pantun.
•    Menentukan Urutan Pantun
o    Tentukan urutan nomornya berdasarkan persanjakan ( a,b,a,b/a,a,a,a )
o    Cari letak isi pantun tersebut
o    Berdasarkan urutan itu, lihat pada pilihan jawaban
o    Curigai pilihan jawaban yang memuat urutan tersebut sebagai pilihan jawaban benar.
•    Melengkapi dialog Drama
o    Selalu perhatikan dialog sebelum dan sesudah bagian yang rumpang
•    Menyunting Kalimat Agar Efektif
o    Kalimat tidak efektif ditandai dengan adanya kata-kata yang mubazir ( tidak perlu ) atau adanya dua kata yang memiliki arti sama ( banyak = para = peserta = sekalian = bermacam-macam = beberapa = sangat = kata benda yang diulang ), agar=supaya, walau = tetapi dll
o    Biasanya kata yang mempunyai makna sama letaknya berdekatan
o    Kata yang mubazir adalah sebuah kata yang jika kata tersebut dihilangkan, arti kalimatnya tidak berubah.
o    Perhatikan kata-kata yang harus dihilangkan pada pilihan jawaban lalu cari kata yang berdekatan dengan kata-kata tersebut. Jika ditemukan dua kata yang maknanya sama, berarti kata pada pilihan jawaban dapat dihilangkan
o    Jika menemukan pilihan jawaban yang kata-katanya dapat dihilangkan tanpa mengubah arti/makna seluruh kalimat, berarti kata-kata itu tidak perlu
•    Menulis Naskah Drama Berdasarkan Narasi
o    Naskah drama mempunyai cirri berisi nama pelaku yang diikuti dialog yang harus diucapkan dan terkadang disertai adegan yang harus diperankan.
o    Temukan perbedaan, isi kalimat/dialog atau pengucap dialog pada pilihan jawaban lalu cocokan satu persatu secara urut dengan ilustrasi.
•    Menulis kalimat Saran Berdasarkan Kesimpulan
o    Kalimat saran berupa kalimat perintah atau larangan
o    Temukan hal baik/tidak baik yang terdapat pada kesimpulan tersebut
o    Saran/nasihat berkaiatan dengan hal tersebut
•    Menyunting Paragraf
o    Perhatikan kalimat penjelas yang harus diganti atau disunting
o    Kalimat penjelas selalu menjelaskan gagasan utama kalimat utamanya ( pada kalimat pertama jika kalimat yang harus disunting kalimat terakhir )
o    Isi kalimat menjelas harus logis dan masuk akal