Teknik Menjawab Soal Bahasa Indonesia
o Temukan kata hubung tunjuk (……ini, ….itu, hal ini, hal itu, tersebut, di atas dll) pada kalimat kedua. Jika ada, hampir dapat dipastikan letak kalimat utama adalah pada kalimat pertama.
o Kalimat kedua adalah kalimat penjelas yang menjelaskan dari segi apapun sesuatu yang terdapat pada kalimat utama ( di awal / di akhir ).
o Temukan di mana letak apa/siapa yang dijelaskan tersebut ( Kalimat pertama atau kalimat terakhir ). Kalimat yang dijelaskan tersebut adalah kalimat utamanya.
• Menentukan Gagasan Utama
o Apa/siapa yang digantikan oleh kata tunjuk yang terdapat pada kalimat kedua tersebut
adalah kata kunci bunyi gagasan utamanya
o Apa/siapa yang dijelaskan oleh kalimat penjelas adalah kata kunci gagasan utamanya
• Kalimat Kritikan
o Biasanya kalimat kritikan berbentuk kalimat perintah/larangan yang ditandai dengan adanya kata ( harus, seharusnya, sebaiknya, diharapkan, sewajarnya, jangan, sepantasnya dll ).
o Lakukan eliminasi terhadap pilihan jawaban yang tidak berbentuk kalimat perintah/larangan karena kemungkinan besar bukan kalimat kritikan.
o Perhatikan soal, siapa/pihak mana yang harus dikritik
o Cari dalam bacaan ( pikiran, ucapan, atau perbuatan ) tidak baik yang dilakukan oleh pihak dalam soal sehingga perlu diberi kritikan
o Bunyi kalimat kritikan harus sesuai dengan pikiran, ucapan, atau perbuatan tidak baik tersebut.
• Menentukan Perbedaan Penyajian Dua Teks Berita
o Perhatikan kata-kata pertama pada teks 1
o Kuasai lebih dahulu fungsi kata tanya siapa, apa, kapan, berapa, di mana, mengapa, dan bagaimana
o Tentukan kata tanya yang sesuai jika kata-kata pertama pada teks 1 tersebut sebagai jawabannya. ( kata tanya tersebut adalah unsur pertama teks 1 )
o Perhatikan pola pilihan jawaban a,b,c, dan d . Berdasarkan unsur pertama teks 1 di atas, lakukan eliminasi terhadap pilihan jawaban yang pasti salah.
o Selanjutnya tentukan kata tanya yang sesuai jika kata-kata pertama pada teks 2 tersebut sebagai jawabannya. ( kata tanya tersebut adalah unsur pertama teks 2 )
o Berdasarkan unsur pertama teks 2 di atas, lakukan eliminasi terhadap pilihan jawaban yang pasti salah.
o Satu unsur berita dapat berbentuk satu kata atau lebih. Satu kalimat dapat memiliki satu unsur dapat juga lebih tergantung jenis kalimatnya
o Untuk mengetahui letak unsur kedua atau ketiga atau unsur selanjutnya, buatlah kalimat tanya dengan kata tanya yang sesuai dengan unsur pertama teks tadi dengan menggunakan sisa-sisa kalimat yang tidak menjadi jawaban. Kata-kata setelah kata-kata jawaban adalah unsur keduanya. Begitu selanjutnya.
• Kesamaan Informasi Beberapa Teks
o Jika ada, perhatikan kata-kata berupa nama, angka, atau istilah yang terdapat dalam pilihan jawaban a,b,c, dan d sebagai pedoman untuk mencari informasi dalam teks
o Pilihan jawaban benar jika informasi tersebut termuat baik pada teks 1 maupun teks 2
o Jangan menentukan jawaban lebih dahulu jika belum berhasil menggaris bawahi kata-kata kunci pada teks 1 dan 2 yang berupa kata-kata yang bunyinya atau maknanya sama
• Menentukan Isi Teks.
o Isi teks yang terdiri atas satu paragraf dapat ditemukan pada kalimat utamanya.
o Isi teks juga dapat berupa gabungan antara kalimat utama dengan salah satu kalimat penjelas.
o Isi teks yang terdiri atas dua paragraf atau lebih dapat ditemukan pada pilihan jawaban yang memuat gabungan kalimat utamanya
o Isi teks dapat ditentukan dengan menjawab pertanyaan “apa/siapa yang bagaimana”
• Menentukan larik bermajas
o Kuasai lebih dahulu pengertian majas personifikasi, perumpamaan, metafora, klimak, metonimi, ironi, dan paradoks
o Biasanya majas yang paling sering digunakan penyair adalah personifikasi ( mengorangkan benda ) yang dapat dirumuskan = KK/KS manusia + KB atau KB + KK/KS manusia.
o Tandai kata-kata dalam pilihan jawaban yang susunan kata-katanya terdiri atas kata benda yang diikuti atau didahului, kata kerja/kata sifat yang mana kerja/sifat tersebut hanya biasa dijalankan/dimiliki manusia. Jika ditemukan pilihan jawaban itu memuat majas personifikasi
• Kalimat Pendapat
Kuasai lebih dahulu ciri-ciri kalimat pendapat berikut.
• Berbentuk kalimat saran/perintah/anjuran yang ditandai adanya kata ( sebaiknya, sepantasnya, seharusnya, sewajarnya dll )
• Mengandung informasi yang belum pasti yang ditandai dengan adanya kata ( mungkin, kira-kira, diduga, diperkirakan, disangka dll )
• Mengandung informasi tentang sesuatu yang belum terjadi yang ditandai dengan adanya kata ( jika, kalau, bila, andai, andai kata dll )
• Terdapat kata sifat atau kata yang dapat ditandai seperti kata sifat ( sangat + ……..)
• Tandai kata-kata kunci di atas pada bacaan untuk menentukan pilihan jawaban yang benar
• Menentukan Fakta
Kalimat yang tidak memuat kata-kata kunci kalimat pendapat, kemungkinan besar kalimat fakta
• Menentukan Kesimpulan/ Gagasan Utama Tajuk
o Kesimpulan ( simpul/tali/ikat ) adalah satu kalimat yang dapat mewakili seluruh kalimat yang terdapat pada bacaan.
o Tentukan apa/siapa + bagaimana yang dibahas dalam tajuk.
o Siapa/apa + bagaimana tersebut adalah gagasan tajuk tersebut, atau
o Cari pilihan jawaban yang memuat kalimat yang isinya sama dengan isi kalimat utama atau gabungan kalimat utama dengan kalimat penjelas, atau
o Cari pilihan jawaban yang isinya dapat mewakili isi seluruh bacaan
• Menentukan Opini Yang berlawanan
o Cari pada pilihan jawaban yang isinya berlawanan/berkebalikan dengan apa yang tertulis pada bacaan
o Tandai kata atau gabungan kata pada pilihan dan bacaan sebagai bukti bahwa kedua pernyataan itu bertentangan
• Menentukan keberpihakan Penulis
o Keberpihakan diujudkan dalam bentuk kalimat yang berisi sanjungan, pujian, persetujuan, ungkapan belas kasihan, atau keprihatinan
o Cari dalam bacaan kalimat yang berisi hal –hal tersebut. Pihak yang dikomentari positif itulah yang diberpihaki
• Menentukan Pertanyaan Sesuai Tabel
o Membaca tabel dilakukan dengan melihat informasi yang terdapat pada pertemuan antara baris dan kolom
o Informasi yang terdapat dalam tabel, biasanya berupa angka, waktu, dan benda/orang
o Kata tanya yang sesuai dengan isi informasi tersebut adalah berapa, kapan, dan apa/siapa
o Curigai pilihan jawaban yang menggunakan kata tanya tersebut sebagai pilihan jawaban benar
o Pertanyaan yang sesuai adalah pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan pada tabel.
o Tandai informasi di tabel yang menjadi jawaban dari pertanyaan yang sesuai
• Menentukan kesimpulan Isi Tabel
o Pahami arti/maksud kata-kata berikut: naik, turun, sama, rata-rata, seimbang, naik tajam,meroket, turun drastis
o Cocokkan satu persatu pilihan jawaban dengan isi tabel
o Tandai informasi di tabel yang menjadi jawaban dari pernyataan yang sesuai
• Menentukan Pertanyaan Sesuai Grafik
o Membaca grafik dilakukan dengan melihat informasi yang terdapat pada pertemuan antara garis vertikal dan garis horisontal
o Informasi yang terdapat dalam grafik, biasanya berupa angka, waktu, dan benda/orang
o Kata tanya yang sesuai dengan isi informasi tersebut adalah berapa, kapan, dan apa/siapa
o Curigai pilihan jawaban yang menggunakan kata tanya tersebut sebagai pilihan jawaban benar
o Pertanyaan yang sesuai adalah pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan pada grafik.
o Tandai informasi di grafik yang menjadi jawaban dari pertanyaan yang sesuai
• Menentukan kesimpulan Isi Grafik
o Pahami arti/maksud kata-kata berikut: naik, turun, sama, rata-rata, seimbang, naik tajam,meroket, turun drastis
o Cocokkan satu persatu pilihan jawaban dengan isi tabel
o Tandai informasi di tabel yang menjadi jawaban dari pernyataan yang sesuai
• Menentukan Citraan
o Citraan adalah gambaran lewat kata-kata. Citraan penglihatan berkaitan dengan sesuatu yang dilihat, pendengaran dengan suara-suara, penciuman dengan bau, perasaan dengan apa-apa yang biasa dirasakan hati, perabaan berkaitan dengan apa yang dirasakan kulit, gerak berkaitan dengan sesuatu yang sedang bergerak, pencecapan berkaitan dengan apa yang dirasakan lidah.
o Perhatikan, kata-kata yang terdapat pada larik-larik puisi tersebut berhubungan dengan sesuatu yang berkaitan dengan panca indra yang mana? Itulah citraannya
o Jika terdapat lebih dari satu citraan, pilih yang lebih sering muncul
• Menentukan Isi Puisi
o Pahami, isi puisi biasanya tidak tertulis dengan jelas pada larik-larik puisi tersebut
o Isi puisi berupa jawaban dari pertanyaan : apa/siapa yang bagaimana yang diceritakan dalam puisi tersebut.
o Isi puisi berupa kesimpulan dari seluruh larik-larik puisi, bukan salah satu larik saja
o Biasanya pilihan jawaban yang berisi kata-kata yang diambil dari larik puisi, bukan pilihan jawaban benar
• Membaca Denah
o Pahami lebih dahulu arah mata angin. Pada denah bagian atas gambar menandakan arah Utara, bawah Selatan, bagian tangan sebelah kanan menandakan arah Timur dan tangan kiri menandakan arah Barat.
o Pahami maksud kata-kata berikut: sejajar, berhadapan, berseberangan, berdampingan, mengapit, dekat, jauh atau kata lain yang menunjukan posisi dua benda
• Menentukan Rima
o Rima adalah persanjakan atau persamaan bunyi
o Rima sama jika larik 1,2,3,4 pada akhir larik sama bunyi ( aaaa )
o Rima kembar, jika bunyi akhir larik pertama kedua sama dan larik ketiga keempat juga sama tapi berbeda bunyi dengan larik 1 dan 2 ( aabb )
o Rima silang jika bunyi akhir larik 1 dan 3 sama dan larik 2 dan 4 sama tapi berbeda bunyi dengan larik 1 dan 3 ( abab )
o Rima bebas jika larik 1,2,3, 4 pada akhir larik berbeda bunyi ( a,b,c,d )
• Menentukan Pesan/Amanat Cerpen/Novel/Drama
o Cari hal positif ( lakukan ) atau negatif ( jangan meniru ) yang dilakukan oleh tokoh dalam bacaan
o Nasihat/pesan/amanat berkaitan dengan hal tersebut.
o Kalimat amanat biasanya berbentuk kalimat perintah.
• Menentukan latar tempat, waktu, atau suasana dalam cerpen/novel/puisi
o Pahami bahwa nama tempat, nama waktu, atau nama suasana dalam cerpen/novel/puisi biasanya tidak tertulis secara tersurat, tetapi hanya berupa kata-kata yang merupakan ciri-ciri tempat, waktu, suasana yang dimaksud ( tersirat )
o Pahami tokoh/sesuatu yang terdapat dalam bacaan
o Tentukan apa yang sedang dilakukan tokoh/sesuatu tersebut dalam satu kata kerja ( Ani sedang makan, Budi minum, Siti merenung dll )
o Nama tempat yang digunakan si tokoh/sesuatu dalam melakukan sesuatu adalah latar tempatnya
o Nama waktu ketika si tokoh/esuatu melakukan sesuatu adalah latar waktunya
o Situasi/ suasana/perasaan si tokoh/sesuatu saat melakukan sesuatu adalah latar suasananya.
• Menentukan Jenis Konflik
o Konflik adalah masalah yang sedang dihadapi tokoh cerita.
o Jenis konflik yaitu
fisik/badan/raga/badan,
konflik psikis/batin/jiwa/rokhani,
konflik ide/pendapat.
o Tentukan apa yang sedang dilakukan tokoh cerita. Jika berkelai atau ada kontak fisik dengan tokoh lain ( konflik fiSik), merenung, bersedih karena sedang memiliki suatu masalah ( konflik batin), beradu pendapat, diskusi/berdebat ( konflik ide )
• Menentukan Konflik dalam cerita
o Tentukan peristiwa apa yang menyebabkan si tokoh cerita berkelai, bersedih, merenung, atau berdebat. Peristiwa itulah konfliknya.
o Perhatikan pola pilihan jawaban, lalu cocokkan dengan isi pada pilihan jawaban dengan isi pada bacaann.
o Pilihan jawaban yang isinya sesuai dengan apa yang tertulis dalam bacaan itulah pilihan jawaban yang benar.
• Menentukan Nilai Moral Cerita
o Nilai moral adalah nilai yang berhubungan dengan perbuatan baik dan buruk.
o Nilai moral biasanya diwujudkan dalam kalimat pesan.
o Cari ucapan/ perbuatan/ pikiran yang bersifat negatif dari tokoh cerita.
o Bunyi nilai moral berkaitan dengan hal tersebut
• Menentukan Watak Pelaku Cerita
o Pahami lebih dahulu pengertian contoh-contoh watak/karakter berikut: bengis, bijaksana, pengertian, perhatian, pengecut, penyabar, cerdik, licik,soleh, relijius, patuh dll
o Pahami lebih dahulu bahwa watak pelaku cerpen/novel/drama biasanya tidak tertulis secara gamblang, tetapi hanya berupa kata-kata/perbuatan yang merupakan ciri-ciri sebuah watak.
o Watak tokoh dapat dilihat lewat apa yang dikatakan/lakukan/pikirkan tokoh tersebut , apa yang dituliskan pengarang, ciri pisik si tokoh, dan disebutkan tokoh lain
o Pahami siapa tokoh yang harus ditentukan wataknya
o Perhatikan pola pilihan jawaban, lalu secara berurutan cari bukti yang berupa perkataan /perbuatan/penjelasan pengarang/ucapan tokoh lain yang sesuai dengan watak tersebut
• Menentukan Tulisan Buku Harian/Pengalaman pribadi
o Pahami, bahwa pelaku dalam buku harian/ pengalaman adalah “aku/saya”
o Bagian yang tertulis dalam buku harian biasanya waktu, tempat, peristiwa yang disertai ekspresi perasaan si pelaku saat mengalami peristiwa itu.
o Perhatikan pola pada pilihan jawaban lalu temukan perbedaan tiap bagian pada keempat pilihan jawaban tersebut. Mulai dari pelaku ( aku/saya), waktu, tempat, peristiwa lalu ekspresi perasaan.
o Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai dengan ilustrasi.
o Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi sampai ditemukan pilihan jawaban yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi
• Menulis Memo Sesuai Ilustrasi
o Pahami hal-hal berikut pada ilustrasi: pengirim memo, yang dikirimi memo, hubungan antara penulis memo dan yang dikirimi, dan isi perintahnya.
o Pengecoh soal jenis ini terletak pada ketidaksesuaian antara pilihan jawaban dengan isi ilustrasi yang berkaitan dengan pengirim memo, yang dikirimi memo, dan isi perintah.
o Perhatikan pola pada pilihan jawaban lalu temukan perbedaan tiap bagian pada keempat pilihan jawaban tersebut.
o Mulailah dari perbedaan kata perintah yang digunakan ( kata perintah yang benar adalah yang sesuai dengan hubungan antara pengirim dan yang dirimi memo) .
o Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai dengan ilustrasi.
o Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain ( isi ) tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan pilihan jawaban yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi
• Menyusun laporan Sistematis
o Laporan yang sistematis adalah laporan yang disusun sesuai dengan urutan waktu kejadian
o Jika pada salah satu kalimat terdapat atau dimulai dengan kata hubung, cari kalimat sebelum kalimat tersebut.
o Lihat pada pilihan jawaban yang sesuai dengan urutan kedua kalimat tersebut.
o Lakukan eliminasi terhadap pilihan jawaban yang urutannya nomornya tidak sesuai dengan urutan nomor dua kalimat tersebut.
• Menyusun laporan Sesuai Ilustrasi
o Pada ilustrasi, temukan kalimat yang memuat tujuan diadakannya kegiatan tersebut
o Bunyi laporan sesuaikan dengan tujuannnya
• Menulis Pembuka Surat Pribadi
o Pembuka surat pribadi biasanya berisi salam, sapaan, menanyakan kabar si penerima surat, dan mengabarkan keadaan si pengirim surat.
o Kata sapaan dan salam harus sesuai kedudukan antara pengirim dan penerima surat
o Perhatikan pola pilihan jawaban lalu temukan perbedaan keempat pembuka surat tersebut
o Begitu menemukan satu perbedaan, sesuaikan dengan urutan bagian pembuka surat pribadi tersebut
o Pilihan jawaban yang isinya tidak sesuai dengan bagian-bagian pembuka surat pribadi di atas, kemungkinan kata-kata/kalimat yang seharusnya ditulis pada bagian isi.
• Menulis Penutup Surat Pribadi
o Penutup surat pribadi biasanya berupa penekanan apa yang tertulis dalam isi atau berupa pesan
o Jika ada, temukan pada soal gambaran isi penutup surat tersebut.
o Perhatikan pola pada pilihan jawaban lalu temukan perbedaan isi penutup surat tersebut pada keempat pilihan jawaban tersebut.
o Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang isinya tidak sesuai dengan ilustrasi.
• Menulis Isi Surat Undangan
o Isi surat undangan biasanya berisi hari/tanggal, waktu, tempat, dan acara/kegiatan
o Sapaan menggunakan hurup besar dan menyesuaikan kedudukan antara si pengundang dan yang diundang.
o Pengecoh soal jenis ini terletak pada ketidaksesuaian antara pilihan jawaban dengan isi ilustrasi yang berkaitan dengan sapaan, hari/tanggal, waktu, dan nama acara
o Perhatikan pola pada pilihan jawaban lalu temukan perbedaan tiap bagian pada keempat pilihan jawaban tersebut.
o Mulailah dari perbedaan kata kata sapaan yang digunakan ( kata sapaan yang benar adalah yang sesuai dengan hubungan antara pengirim dan yang dikirimi undangan) .
o Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai dengan ilustrasi.
o Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain (hari/tanggal, waktu, dan nama acara ) tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan pilihan jawaban yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi
• Menulis Penutup Surat resmi
o Jenis surat resmi adalah pemberitahuan, undangan, dan permohonan.
o Sesuaikan kalimat penutup dengan jenis suratnya.
o Syarat penutup surat resmi adalah, jangan menggunakan kata ganti milik atau klitika “nya”, tetapi gunakan kata sapan Bapak, Ibu, Anda, Saudara, Adik, dll
o Gunakan kata kerja aktif ( mengucapkan, kami ucapkan), jangan pasif ( diucapkan )
o Ungkapan jangan berlebih-lebihan ( sangat terima kasih, kami haturkan, banyak-banyak terimakasih )
• Menulis Rangkuman
o Jika bacaan terdiri atas satu paragraf, rangkuman berupa kalimat utamanya atau kalimat utama dan salah-satu kalimat penjelas.
o Jika bacaan teridiri atas lebih dari satu paragraf, rangkuman berupa gabungan kalimat utama tiap paragraf.
o Perhatikan kata-kata/kalimat pertama masing-masing pilihan jawaban
o Curigai pilihan jawaban yang kalimat pertamanya diambil dari kalimat utama paragraf pertama sebagai pilihan jawaban benar.
o Jika ada dua atau tiga pilihan jawaban yang kalimat pertamanya diambil dari kalimat utama paragraf pertama, lakukan perbandingan pada kalimat selanjutnya
• Menulis Slogan
o Slogan mempunyai ciri: kalimatnya pendek, berisi semboyan, tidak berbentuk kalimat perintah
o Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang tidak sesuai cirri tersebut.
o Perhatikan dengan seksama tujuan pembuatan slogan yang terdapat pada ilustrasi
o Bunyi slogan diambil dari “kata-kata’ yang terdapat pada tujuan tersebut
• Menulis Poster
o Poster mempunyai ciri: kalimatnya agak panjang, berisi ajakan, berbentuk kalimat perintah
o Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang tidak sesuai cirri tersebut..
o Perhatikan dengan seksama tujuan pembuatan poster yang terdapat pada ilustrasi
o Bunyi poster diambil dari “kata-kata’ yang terdapat pada tujuan tersebut
• Menulis Iklan Baris
o Syarat iklan baris adalah singkat (kata-katanya sedikit), padat (kata-kata tertentu disingkat), dan jelas ( pembaca iklan dapat memahama isi iklan tersebut)
o Iklan baris biasanya terdiri atas 4 bagian dengan urutan berikut, yaitu 1. pernyataan menjual/membeli, 2. nama barang/jasa, 3. keterangan barang/jasa ( termasuk harga jika ada ), dan 4. alamat pemasang iklan.
o Temukan perbedaan tiap bagian pada keempat pilihan jawaban tersebut
o Mulailah dari perbedaan bagian 1 ( pernyataan menjual/membeli ) .
o Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai dengan ilustrasi.
o Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain (nama barang, keterangan, dan alamat tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan pilihan jawaban yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi
o Jika ada dua pilihan yang cirinya sama, pilih yang lebih singkat
• Menulis Pembukaan Pidato
o Pahami dalam ilustrasi hal-hal berikut : yang berpidato, yang mendengarkan pidato, dan nama acara/ tujuan pidato.
o Pahami bahwa pembukaan pidato berisi salam/sapaan, dan ucapan syukur kepada Tuhan YME, dan penyebutan nama acara/kegiatan/tujuan
o Temukan perbedaan tiap bagian pada keempat pilihan jawaban tersebut
o Mulailah dari perbedaan pertama ( salam/sapaan ) .
o Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi. Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang salah satu bagiannya tidak sesuai dengan ilustrasi.
o Lakukan hal yang sama dengan bagian yang lain (ucapan syukur dan penyebutan nama acara/ kegiatan ) tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan pilihan jawaban yang benar-benar sesuai dengan ilustrasi.
• Menulis Rumusan Masalah Karya Ilmiah
o Rumusan masalah berisi gambaran masalah yang akan dibahas
o Pahami bahwa Rumusan masalah berupa pertanyaan yang berkaitan dengan judul/tema karya tulis atau Latar Belakang Masalah
o Pahami bahwa rumusan masalah berbentuk pertanyaan dengan kata tanya yang sering digunakan adalah “apa/apa saja”dan “bagaimana”
o Curigai pilihan jawaban yang menggunakan kata tanya tersebut sebagai pilihan jawaban benar.
o Jika rumusan masalah ditentukan berdasarkan tema/judul, tentukan apakah akan membahas jenis/rincian ataukan cara/penjelasan
o Jika yang akan dibahas adalah jenis/rincian kata tanya pada rumusan masalah yang sesuai adalah “apa/apa saja”
o Jika yang akan dibahas adalah cara/penjelasan, kata tanya pada rumusan masalah yang sesuai adalah “bagaimana”
o Jika rumusan masalah ditentukan berdasarkan Latar Belakang Masalah, tentukan apakah Latar Belakang Masalah tersebut membahas jenis/rincian ataukan cara/penjelasan. Kata Tanya pada rumusan masalah yang dipakai sama dengan di atas.
• Menentukan Latar Belakang Masalah Berdasarkan Identifikasi Masalah
o Identifikasi masalah dapat berupa pertanyaan atau pernyataan
o Cari pilihan jawaban yang isinya menjawab/menjelaskan pertanyaan atau pernyataan yang terdapat pada Identifikasi Masalah
o Perhatikan kalimat pertama pada tiap-tiap pilihan jawaban
o Curigai kalimat pada pilihan jawaban yang isinya menjawab/menjelaskan apa yang terdapat pada identifikasi masalah urutan pertama sebagai pilihan jawaban benar.
o Begitu menemukan satu perbedaan, bandingkan dengan ilustrasi.
o Lakukan eleminasi terhadap pilihan jawaban yang kalimat pertamanya tidak menjawab/ menjelaskan apa yang menjadi pertanyaan/pernyataan pada identifikasi masalah pertama.
o Lakukan hal yang sama terhadap kalimat berikutnya tanpa menyertakan pilihan jawaban yang sudah dieliminasi ( silang dibelakang pilihan jawaban yang pasti salah ) sampai ditemukan paragraf yang isinya menjawab atau menjelaskan semua yang tertulis pada identifikasi masalah
• Menentukan Balasan Pantun
o Pahami bahwa pantun adalah puisi lama dengan ciri berikut:
jumlah larik dalam satu bait empat,
berima/bersajak a,a,a,a/a,b,a,b,
Larik 1 dan 2 isi, larik 3 dan 4 sampiran
o Pantun biasanya berisi nasehat, permintaan, atau pertanyaan yang dituangkan dalam 2 larik ( biasanya 8 kata )
o Perhatikan larik 3 dan 4 pada ilustrasi untuk menemukan pertanyaan atau pernyataan pantun tersebut
o Cari pada larik 3 dan 4 pada pilihan jawaban yang merupakan jawaban dari pertanyaan/pernyataan tersebut.
o Jika ada dua pilihan yang sesuai dengan pertanyaan/penjelasan pantun ilustrasi, kemungkinan salah satu rima dari pilihan jawaban yang tersisa bukan a,b,a,b atau puisi tersebut tidak berjenis pantun.
• Menentukan Urutan Pantun
o Tentukan urutan nomornya berdasarkan persanjakan ( a,b,a,b/a,a,a,a )
o Cari letak isi pantun tersebut
o Berdasarkan urutan itu, lihat pada pilihan jawaban
o Curigai pilihan jawaban yang memuat urutan tersebut sebagai pilihan jawaban benar.
• Melengkapi dialog Drama
o Selalu perhatikan dialog sebelum dan sesudah bagian yang rumpang
• Menyunting Kalimat Agar Efektif
o Kalimat tidak efektif ditandai dengan adanya kata-kata yang mubazir ( tidak perlu ) atau adanya dua kata yang memiliki arti sama ( banyak = para = peserta = sekalian = bermacam-macam = beberapa = sangat = kata benda yang diulang ), agar=supaya, walau = tetapi dll
o Biasanya kata yang mempunyai makna sama letaknya berdekatan
o Kata yang mubazir adalah sebuah kata yang jika kata tersebut dihilangkan, arti kalimatnya tidak berubah.
o Perhatikan kata-kata yang harus dihilangkan pada pilihan jawaban lalu cari kata yang berdekatan dengan kata-kata tersebut. Jika ditemukan dua kata yang maknanya sama, berarti kata pada pilihan jawaban dapat dihilangkan
o Jika menemukan pilihan jawaban yang kata-katanya dapat dihilangkan tanpa mengubah arti/makna seluruh kalimat, berarti kata-kata itu tidak perlu
• Menulis Naskah Drama Berdasarkan Narasi
o Naskah drama mempunyai cirri berisi nama pelaku yang diikuti dialog yang harus diucapkan dan terkadang disertai adegan yang harus diperankan.
o Temukan perbedaan, isi kalimat/dialog atau pengucap dialog pada pilihan jawaban lalu cocokan satu persatu secara urut dengan ilustrasi.
• Menulis kalimat Saran Berdasarkan Kesimpulan
o Kalimat saran berupa kalimat perintah atau larangan
o Temukan hal baik/tidak baik yang terdapat pada kesimpulan tersebut
o Saran/nasihat berkaiatan dengan hal tersebut
• Menyunting Paragraf
o Perhatikan kalimat penjelas yang harus diganti atau disunting
o Kalimat penjelas selalu menjelaskan gagasan utama kalimat utamanya ( pada kalimat pertama jika kalimat yang harus disunting kalimat terakhir )
o Isi kalimat menjelas harus logis dan masuk akal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar